Efektivitas Parenting Skill Dalam Menangani Perilaku Agresi Anak Usia Dini

Grahani, Firsty Oktaria (2017) Efektivitas Parenting Skill Dalam Menangani Perilaku Agresi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 15 (1): 4. pp. 25-30. ISSN 2528-3227

[img]
Preview
Text (Efektivitas Parenting Skill Dalam Menangani Perilaku Agresi Anak Usia Dini)
EFEKTIVITAS PARENTING SKILL DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESI ANAK USIA DINI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
PSmarkup_Efektivitas Parenting Skill dalam Menangani Perilaku Agresi Anak Usia Dini.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
Peer Review_3.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan parenting skill dalam memengaruhi knowledge dan skill yang dimiliki ibu dari anak yang berperilaku agresif.Pelatihan ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dengan pendekatan reflektif dan partisipatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Aktivitas dalam pelatihan ini adalah meminta orang tua untuk melakukan refleksi diri mengenai teknik-teknik menangani anak, membuat jurnal harian selama satu minggu, melakukan analisa kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai pre-post test pada pemahaman orang tua dengan nilai ibu R, t= -1,00 dan p=0,317 (p>0,05) dan untuk ibu D nilai t=-1,134 dan p=0,257 (p>0,05) t=-1,134, p>0.05, yang menunjukkan tidak terjadi peningkatan pemahaman orang tua terkait dengan perilaku agresi anak dan tidak terdapat perbedaan nilai pre-post test pada angket ketrampilan orang tua dengan nilai untuk ibu R t= -0,378 dan p=0,705 (p>0,05) dan untuk ibu D nilai t=-0,816 dan p=0,414 (p>0,05) yang menunjukkan tidak terjadi peningkatan ketrampilan orang tua dalam menangani perilaku agresi anak. Sedangkan berdasarkan skor kuantitatif untuk pre-postest pemahaman orang tua dan ketrampilan orangtua terjadi peningkatan , skor untuk ibu D dari 48 menjadi 41 dan skor ibu R dari 50 menjadi 47 (angket bersifat negatif sehingga semakin rendah skor berarti semakin tinggi artinya ibu semakin tidak menyetujui perilaku tersebut dilakukan oleh anak). Untuk pre-postest ketrampilan orangtua terjadi kenaikan skor pretest dan posttest, ibu D dari 67 menjadi 69 dan untuk ibu R dari 79 menjadi 80.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelatihan parenting skill, perilaku agresi, anak usia dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:26
Last Modified: 30 Mar 2023 08:17
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item