Pengaruh Mutu Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Giri Tirta Di Kecamatan Cerme-Gresik

Arif, Mufti (2017) Pengaruh Mutu Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Giri Tirta Di Kecamatan Cerme-Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

Full text not available from this repository.

Abstract

perkembangan perokonomian suatu daerah akan meningkat seiring dengan peran pemerintah sebagai pelayan publik mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu badan usaha yang dimiliki pemerintah daerah adalah PDAM. Sebagai perusahaan yang dikelola pemerintah, PDAM di harapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarkat. PDAM merupakan badan usaha milik daerah yang masuk kategori penyelenggara pelayanan yang bersifat profit dengan tugasnya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat pada suatu daerah. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah Mutu produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di kecamatan cèrme-gresik ? penelitian ini mencoba mengetahui apa yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menjadi pelanggan PDAM. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis masing-masing variabel, mutu produk (X1), kualitas pelayanan (X2), terhadap kepuasan pelanggan (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden pelanggan pengguna PDAM di kecamatan Ceme dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi linier. Hasil analisis Y= 7,372 + 0,061 X1 + 0,383X2 + 1,1981 mendapatkan bahwa dari dua variabel mutu produk dan kualitas pelayanan, hanya variabel kualitas pelayanan yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelangga. Pengujian hipotesis menggunakan uji t secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel mutu produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam kepuasan pelanggan. Angka Adjusted R squere sebesar 0,288 menunjukkan bahwa 28,8 persen variasi kepuasan pelanggan bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi linier. Sedangkan sisanya 71,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: mutu produk, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:10
Last Modified: 12 Apr 2021 03:10
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item