Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penerapan Murabahah Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Gresik Menganti

Hadi, Siswanto (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penerapan Murabahah Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Gresik Menganti. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penerapan Murabahah Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Gresik Menganti)
0110000001482.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan industri perbankan yang berlomba – lomba menawarkan berbagai macam produk ke nasabah. Sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi nasabah dalam melakukan keputusan pembelian terhadap produk – produk BRI Syariah khususnya pada KCP Gresik Menganti yang menggunakan produk BRI Syariah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, Kualitas Pelayanan(X1) dan Murabahah (X2) terhadap kepuasan nasabah (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 5/ orang responden pengguna produk BRI Syariah di Gresik Menganti dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing – masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data – data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data – data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis mendapatkan bahwa keempat faktor produk, harga, faktor sosial dan faktor psikologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan nasabah. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, faktor sosial dan faktor psikologi berpengaruh signifikan secara bersama – sama dalam keputusan pembelian. Angka Adjusted R square sebesar 0,396 atau 39,6% persen variasi keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 60,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Penerapan murabahah dan Kepuasan nasabah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:10
Last Modified: 12 Apr 2021 03:10
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item