Pengaruh Promosi, Harga, Faktor Sosial Dan Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Tissue Paseo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Putra Surabaya)

Siti, Nasukah (2017) Pengaruh Promosi, Harga, Faktor Sosial Dan Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Tissue Paseo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Putra Surabaya). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Promosi, Harga, Faktor Sosial Dan Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Tissue Paseo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Putra Surabaya))
0110000001483.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan industri tissue yang berlomba – lomba menawarkan berbagai macam pilihan kepada konsumen. Sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah promosi, harga, faktor sosial dan faktor psikologi berpengaruh terhadap keputusan pembelian Tissue Paseo di kalangan mahasiswa Universitas Wijaya Putra Surabaya?”. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian terhadap Tissue Paseo khususnya pada mahasiswa Universitas Wijaya Putra Surabaya yang menggunakan Tissue Paseo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, promosi(X1), Harga (X2), faktor sosial (X3) dan Faktor Psikologi (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden pengguna Tissue Paseo Di Universitas Wijaya Putra Surabaya dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing – masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data – data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data – data yang telah memenuhi uji validitas dan uji reliabilitas, diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 1,119 + 0,122 X1 + 1,270 X2 - 0,085 X3 - 0,715 X4 Hasil analisis mendapatkan bahwa keempat faktor promosi, harga, faktor sosial dan faktor psikologi bahwa semua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa empat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel promosi, harga, faktor sosial dan faktor psikologi berpengaruh signifikan secara bersama – sama dalam keputusan pembelian. Angka Adjusted R square sebesar 0,896 menunjukkan bahwa 89,6 persen variasi keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 10,4 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang telah memenuhi uji bisa di lihat dalam hal :76

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PROMOSI, HARGA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PSIKOLOGI, TERHADAP KEPUTSAN PEMBELIAN
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:10
Last Modified: 12 Apr 2021 03:10
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item