Pengaruh Experiential Marketing, Customer Delight, Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus Pada Pengguna Yamaha Mio Di Universitas Wijaya Putra Kampus Benowo -Surabaya)

Abdul, Maliq (2016) Pengaruh Experiential Marketing, Customer Delight, Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus Pada Pengguna Yamaha Mio Di Universitas Wijaya Putra Kampus Benowo -Surabaya). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Experiential Marketing, Customer Delight, Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus Pada Pengguna Yamaha Mio Di Universitas Wijaya Putra Kampus Benowo -Surabaya))
M43.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan akan kendaraan yang aman dan nyaman dikendarai serta sesuai dengan selera pelanggan, kebutuhan akan kendaraan yang aman dan nyaman serta sesuai dengan selera konsumen semakin meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi automotif. Salah satu perusahaan yang menghasilkan sepeda motor terbesar PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dengan salah satu produknya yaitu Yamaha Mio, tentu ingin mempertahankan pelanggan yang ada serta mendapatkan market shareyang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah experiential marketing, customer delightdan brand image berpengaruh terhadap customer satisfaction (kepuasan pelanggan) pelanggan pengguna sepeda motor Yamaha Miopada mahasiswa kampus 1 Universitas Wijaya Putra Surabaya ?. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh customer satisfaction (kepuasan pelanggan) dalam menggunakan sepeda motor Yamaha Mio.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing –masing variabel, experiential marketing (X1), customer delight (X2), brand image (X3), terhadap customer satisfaction (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 80 orang responden pelanggan pengguna sepeda motor Yamaha Mio pada Mahasiswa kampus 1 Universitas Wijaya Putra Surabaya dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing –masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data –data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi linear. Hasil analisis dari tiga variabel yaitu experiential marketing, customer delightdan brand image, hanya variabel brand experiential marketing yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Uji t menunjukkan bahwa satu variabel independen (experiential marketing) yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen customer satisfaction. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel experiential marketing, customer delight dan brand image berpengaruh signifikan secara bersama –sama dalam customer satisfaction. Angka Adjusted R square sebesar 0,464 menunjukkan bahwa 46,4%variasi customer satisfaction bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi linear. Sedangkan sisanya 53,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: customer satisfaction, experiential marketing, customer delight, brand image
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: UPT Perpustakaan 2
Date Deposited: 06 Apr 2021 04:45
Last Modified: 06 Apr 2021 04:45
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item