Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik (Studi Kasus Pasien Rawat Inap)

Sudarmini, Sudarmini (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik (Studi Kasus Pasien Rawat Inap). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik (Studi Kasus Pasien Rawat Inap))
S10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan dan peningkatan jasa pelayanan yang bergerak di bidang kesehatan telah menjadi sebuah perhatian serius oleh masyarakat. Kebutuhan jasa pelayanan kesehatan sangat penting untuk menunjang kesehatan serta keberlangsungan hidup di masa yang akan datang. Rumah sakit merupakan salah satu bentuk organisasi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan dimana salah satu upaya yang dilakukannya adalah menjadi tujuan rujukan layanan kesehatan, maka rumah sakit perlu menjaga kualitas layanannya terhadap masyarakat yang membutuhkan. Sementara itu hasil evaluasi kerja pelayanan kesehatan yang dilakukan serta tanggapan pasien RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik masih menunjukkan adanya rasa ketidakpuasan atas pelayanan yang diberikan. Seperti halnya untuk pasien yang menginginkan ruangan VIP, kondisi nyata tempat tidur VIV sering penuh, sehingga banyak pasien yang mengantri untuk menempati ruangan VIP. Kondisi lain, yaitu kurangnya Dokter Spesialis Bedah Syaraf, Bedah Umum, Bedah Urologi. Adanya keterbatasan tersebut menjadi permasalahan tersendiri sehingga pelayanan kesehatan masih belum dapat dilakukan secara maksimal dan pada akhirnya pasien tidak mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Hasi lanalisis diperoleh nilai rata-rata nilai mean variablekualitas pelayanan RS adalah sebesar3,29,sedangkan kepuasan pasien yaitu sebesar3,26, kedua nilai tersebut berada dalam rentang nilai antara 2.8< x < 3.5 yang berarti termasuk dalam kategori cukup baik, dengan demikian kualitas pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Ibnu SinaKabupaten Gresik dalam kategori cukup baik. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan untuk t hitung sebesar 0,000, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai α (0,000< 0,05). Berdasar hasil tersebut, maka hipotesisditerima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas faktor kualitas pelayanan (X)terhadap variabel terikat kepuasan pasien rawat inap (Y) di RSUD Ibnu Sina Gresik. Besarnya pengaruh variablekualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pasie nrawat inap (Y) di RSUD IbnuSina Gresik dapat diketahui pada nilai R-squared yakni sebesar 0,806. Ini mengandung arti bahwa variabel kualitas pelayanan RS (X)terhadapkepuasanpasienrawatinap (Y) di RSUD IbnuSinaKabupaten Gresik sebesar 0,806 atau 81,9%,sedangkan sisanya sebesar 18,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, dan Pasien Rawat Inap
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:14
Last Modified: 31 Mar 2021 02:14
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item