Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Pdam Kota Surabaya Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Di Kelurahan Putat Gede Timur Kota Surabaya)

Diana, Fhatma Wulan Sari (2018) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Pdam Kota Surabaya Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Di Kelurahan Putat Gede Timur Kota Surabaya). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Pdam Kota Surabaya Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Di Kelurahan Putat Gede Timur Kota Surabaya))
S5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan Publik menjadi semakin krusial seiring dengan era globalisasi yang menuntut untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal ini menimbulkan perlunya pembinaan dan pengarahan kepada Pegawai PDAM agar mampu berdaya guna, sadar akan tugas dan tanggung jawabnya yang dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan Air Bersih PDAM Kota Surabaya terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Putat Gede Timur Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan air bersih PDAM di Putat Gede Timur Kota Surabaya sebanyak 455 orang, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 135 responden yang diambil menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1).”Kualitas Pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Putat Gede Timur Kota Surabaya”, dinyatakan diterima; (2).”Kualitas Pelayanan (Tangible,Reliability,Responsiveness, Assurance, dan Empathy) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Putat Gede Timur Kota Surabaya”, dinyatakan diterima dan (3). Diantara subvariabel kualitas pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) Air Bersih PDAM Kota Surabaya tersebut, yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Putat Gede Timur Kota Surabaya adalah Reliability.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:14
Last Modified: 31 Mar 2021 02:14
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item