Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Electronic Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Emusrenbang ) Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis ( Ipa ) Di Kota Surabaya

Nurani, Kusuma Andriyani (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Electronic Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Emusrenbang ) Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis ( Ipa ) Di Kota Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Electronic Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Emusrenbang ) Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis ( Ipa ) Di Kota Surabaya)
S4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sistem E-musrenbang merupakan kebijakan publik sebagai sebuah inovasi berbentuk electronic government yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Pemerintah Kota Surabaya yang merupakan sebuah alat untuk membantu proses berjalannya musrenbang di Kota Surabaya, serta menjadikan penyelenggaraan pemerintah lebih terkontrol, bertanggung jawab dan transparan kepada masyarakat. Melalui e-musrenbang Pemerintah Kota Surabaya, warga dapat mengecek kegiatan apa saja yang telah diusulkan dan status persetujuannya oleh Perangkat Daerah / Dinas terkait. Kualitas pelayanan e- musrenbang dilihat dengan indikator yang mengacu pada pengukuran efektifitas sistem informasi ( IS ) menurut William H. DeLone dan Ephraim R. McLean, yang dikenal dengan D&M IS Success (DeLone dan McLean, 2003). Menetapkan enam variabel yaitu sistem quality, information quality, service quality, user, user satisfaction, dan net benefits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan (gap) antara harapan dan kenyataan yang dirasakan masyarakat penguna layanan sistem e-musrenbang terhadap layanan instansi / pemberi layanan sistem emusrenbang dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan analisa deskriptif Kuantitatif menggunakan metode Servqual. Sebagai responden adalah 25 RW, dan 4 Kelurahan yang terpadat pada 1 Kecamatan yaitu Kecamatan Benowo di Wilayah Kota Surabaya. Hasil uji statistik deskriptif yang merupakan penyajian data perbandingan antara kinerja dan harapan responden . Dari 6 indikator , tingkat harapan yang paling tinggi terdapat pada indikator kualitas pelayanan ( Service Quality ), sedangkan harapan yang paling rendah terletak pada indikator pengguna ( User ). Hal ini menyebabkan indikator kualitas pelayanan ( Service Quality ) yang terdiri dari tangibles, responsiviness, security, acess, dan understanding the customer merupakan faktor yang paling penting bagi pengguna dalam pelayanan sistem EMusrenbang , sebaliknya indikator pengguna ( User ) khususnya kebutuhan adalah yang paling tidak penting. Secara keseluruhan hasil perbandingan antara kualitas layanan dengan harapan masyarakat terhadap pelayanan E- Musrenbang di Kota Surabaya terdapat kesenjangan – 150,16. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan E- Musrenbang belum memuaskan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E- Musrenbang, Kualitas, IPA
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:14
Last Modified: 31 Mar 2021 02:17
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item