Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan

Marselina, Wea (2017) Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan)
S1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Marselina Wea, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Putra Surabaya, Agustus 2017, Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus di Puskesmas Benowo Surabaya). Komisi Pembimbing, Ketua Drs. Dwi Wahyu Prasetyono, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas layanan Puskesmas Benowo Surabaya menurut pengguna layanan. Untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan Puskesmas Benowo Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penetian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat di Puskesmas Benowo Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah insidental purposive sampling. Jadi dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah pasien Puskesmas Benowo Surabaya yang ditemui oleh peneliti dengan batasan umur pasien 17 tahun sampai 60 tahun selama satu bulan pada bulan Agustus 2017, sehingga didapatkan sebanyak 100 orang sebagai sampel yang kemudian disebut sebagai responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis gap. Analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar gap antara harapan dan persepsi pengguna lanyanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan analisis gap variabel kualitas layanan Puskesmas Benowo secara keseluruhan, kesesuaian antara pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Benowo dengan harapan pasien terdapat gap/ tingkat kepuasan sebesar ( -0.82 ), skor ini dikategorikan dalam kelompok rendah. Variabel yang paling memuaskan pasien diantara variabel yang ada yaitu variabel yang memiliki tingkat kepuasan terbesar atau gap paling kecil yaitu variabel perhatian ( -0.42 ) skor ini dikategorikan sedang dan dapat dikatakan bahwa variabel perhatian ini yang paling baik dari semua variabel lainnya seperti variabel bukti langsung,keandalan, jaminan dan daya tanggap yang memiliki nilai gap dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bukti Langsung, Keandalan, Jaminan, Daya Tanggap, Perhatian
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:14
Last Modified: 31 Mar 2021 02:17
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item