Pengaruh Relationship Marketing Dan Customer Retention Orientation Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.Di Cabang Gresik( Studi Kasus Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Di Cabang Gresik )

Moh, Juamsyah (2015) Pengaruh Relationship Marketing Dan Customer Retention Orientation Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.Di Cabang Gresik( Studi Kasus Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Di Cabang Gresik ). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Relationship Marketing Dan Customer Retention Orientation Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.Di Cabang Gresik( Studi Kasus Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Di Cabang Gresik ))
M26.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesuksesan dalam persaingan dunia perbankan akan terpenuhi apabila dapat menciptakan dan mempertahankan nasabah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan perbankan memerlukan berbagai usaha agar tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai. Namun di samping itu perusahaan hendaknya mengubah pandangannya dari yang berorientasi pada produk atau jasa, kepandangan yang berorientasi pada pelanggan. Pandangan tersebut juga berlakupada perusahaan perbankan,oleh karena itukarena strategi yang digunakan adalahuntuk membangun loyalitas nasabah. Penelitian ini memfokuskan relationship marketing dan cutomer retention orientation terhadap loyalitas nasabah pada PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Cabang Gresik. Alasan dipilihnya PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai obyek dalam penelitian ini dikarenakan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang didirikan sejak tahun 1946 ini, memiliki kapabilitas yang baik untuk menyediakan layanan jasa keuangan. Namun nampaknya strategi relationship marketing yang telah diterapkan belum efektif mempengaruhi loyalitas nasabah. Hal tersebut tercermin dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang tetap mengalami penurunan pada market share serta loyalitas nasabah jika dibandingkan dengan keempat bank besar lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan memberikan kuesioner pada nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terutama yang berdomisili di wilayah Gresik. Secara spesifik, variabel bebas dalam penelitian ini adalah relationship marketing dan customer retention orientation yang mencakup hubungan jangka panjang dan memelihara pelanggan, sedangkan variabel terikatnya loyalitas pelanggan.Analisis verifikatif dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan di olah menggunakan perangkat lunak SPSS. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh relationship marketing dan customer retention orientation secara simultan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk di Cabang Gresik.Relationship marketing tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk di Cabang Gresik.Dan sedangkan customer retention orientation berpengaruh secara parsial terhadapl oyalitas nasabah PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk di Cabang Gresik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Relationship, Marketing, Customer Retention Orientation, Loyalitas Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: UPT Perpustakaan 2
Date Deposited: 26 Mar 2021 14:27
Last Modified: 26 Mar 2021 14:27
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item