ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BAGI PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IBNU SINA KABUPATEN GRESIK

M A F U L A H, M A F U L A H (2015) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BAGI PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IBNU SINA KABUPATEN GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BAGI PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IBNU SINA KABUPATEN GRESIK)
0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)

Abstract

Pelaksanaan program Jamkesmas tersebut merupakan upaya untuk menjaga kesinambungan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang merupakan masa transisi sampai dengan diserahkannya program jaminan kesehatan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Gresik dan sekitarnya, maka RSUD Ibnu Sina Gresik sebagai Rumah Sakit Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik turut berperan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. RSUD Ibnu Sina Gresik adalah RS milik pemerintah daerah yang bergerak dibidang Kesehatan. Masyarakat peserta BPJS sebagai penerima jasa pelayanan seringkalimengeluh kurang puas dengan pelayanan kesehatan yang diterimanya. Masyarakatmenganggap bahwa pasien yang menjadi peserta JBPJS mendapat pelayanan danperlakuan yang berbeda dengan pasien lain di beberapa Rumah Sakit. Adapun tanggapan responden terhadap pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial pasien Rawat inap pemegang kartu BPJS RSUD Ibnu Sina Gresik, dari 82 orang responden terdapat sebanyak 34 orang atau sebesar 41,5%, kemudian yang memberikan tanggapan baik terdapat sebanyak 34 orang atau sebesar 41,5% kemudian yang memberikan tanggapan sangat baik yaitu sebesar 14 orang atau sebesar 17,1%.Selanjutnya analisis dilanjutkan pada perhitungan skor pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial pasien Rawat inap pemegang kartu BPJS RSUD Ibnu Sina Gresik. Analisis ini dilakukan dengan menghitung jumlah hasil perkalian frekuensi dengan jumlah skor (S Skor x F) dibagi dengan jumlah jawaban responden yaitu sebanyak N (82 orang responden). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata – rata skor adalah 3,76 dan nilai tersebut berada pada rentang ukur 3.6< x < 4.3 yang menunjukkan kategori baik. Dengan demikian pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial pasien Rawat inap pemegang kartu BPJS RSUD Ibnu Sina Gresik menurut persepsi responden termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Asuransi Kesehatan dan Kartu BPJS
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:37
Last Modified: 08 Mar 2021 07:37
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item