PENGARUH ETOS KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH KRISTEN ALETHEIA (SKA) SURABAYA

S U Y I T N O, S U Y I T N O (2017) PENGARUH ETOS KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH KRISTEN ALETHEIA (SKA) SURABAYA. Other thesis, U N I V E R S I T A S W I J A Y A P U T R A.

[img] Text (PENGARUH ETOS KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH KRISTEN ALETHEIA (SKA) SURABAYA)
m7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Etos kerja dan disiplin kerja adalah salah satu indikator penting untuk mengukur kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, determinasi, dan korelasi menggunakan aplikasi komputer program SPSS 23.0. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Surabaya dengan mengambil respoden sebanyak 84 responden dengan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan analisis dan evaluasi pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru pada Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Surabaya dapat diperoleh kesimpulan yaitu hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel independen (etos kerja dan disiplin kerja) secara simultan adalah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Surabaya dengan tingkat signifikansi = 0.000. Dengan tingkat kesalahan a = 5%, atau dengan kata lain F hitung > F . Dimana distribusi tanggapan responden yang mayoritas menyatakan sangat setuju dalam menanggapi pernyataan mengenai variabel etos kerja, disiplin kerja dan kinerja guru. Sedangkan dari pengujian variabel penelitian secara parsial, didapati bahwa variabel independen, yaitu etos kerja (X tabel ) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kinerja guru. Nilai t 1 variabel etos kerja adalah 3,217 dan nilai t tabel 2,048 maka t hitung > t tabel hitung (3,217 > 2,048) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel etos kerja berpengaruh positif dan signifikan (0,002 < 0,05) secara parsial terhadap kinerja guru pada Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Surabaya. Dengan demikian menunjukkan bahwa mayoritas seorang guru merasa, bahwa mengajar merupakan tantangan untuk mengembangkan kemampuan dan meyakini bahwa kerja keras mampu membuat orang memiliki pribadi yang lebih baik. Sementara variabel disiplin kerja (X 2 ) dengan signifikansi nilai t variabel disiplin kerja adalah 4,845 dan nilai t tabel 2,048 maka t hitung > t (4,845 > 2,048) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan (0,000 < 0,05) secara parsial terhadap kinerja guru pada Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Surabaya. Hal ini terlihat dari distribusi tanggapan responden yang lebih bervariasi dalam menanggapi pernyataan mengenai variabel disiplin kerja. Dari kedua variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru pada Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Surabaya adalah variabel disiplin kerja (X tabel ). Penjelasan di atas diperoleh dari hasil regresi linier berganda berikut : Y = -5,390 + 0,178 X 1 + 0,678 X Berdasarkan dari hasil pengujian didapat bahwa 90,5% variabel kinerja guru dapat dijelaskan oleh etos kerja dan disiplin kerja. Sedangkan sisanya 9,5% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. 2. hitung 2

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Etos kerja, Disiplin kerja, Kinerja Guru, Analisis Regresi Linier Berganda.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:40
Last Modified: 08 Mar 2021 03:40
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item