ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN JAMKESMAS DI PUSKESMAS KARANG PENANG KABUPATEN SAMPANG

ZAINAL, ARIFIN (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN JAMKESMAS DI PUSKESMAS KARANG PENANG KABUPATEN SAMPANG. Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN JAMKESMAS DI PUSKESMAS KARANG PENANG KABUPATEN SAMPANG)
f1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Institusi pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, yang merupakan ujung tombak dalam pelayanan langsung kepada masyarakat pengguna, mempunyai karakteristik yang berbeda dengan institusi lainnya. Menurut Keputusan Nomor : 1457/MENKES/SK/X/2003 (tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan di Kabupaten/Kota), Puskesmas merupakan salah satu sarana pelayanan publik yang secara langsung dapat dirasakan masyarakat pengguna, khususnya dalam pelayanan kesehatan perorangan. Dalam mewujudkannya, disusun strategi pembangunan kesehatan yaitu : pembangunan berwawasan kesehatan, profesionalisme, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan masyarakat (JPKM), desentralisasi, pemberdayaan / kemitraan. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan masyarakat (JPKM) saat ini diselenggarakan melalui kerja sama Departemen Kesehatan dengan Pemkab atau Pemkot dan bernama JAMKESMAS. Program ini bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat miskin dan masyarakat tidak mampu yang membutuhkan pelayanan kesehatan, sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat setinggi tingginya. Jenis Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kualitatif, sebab penelitian ini berusaha mengungkapkan fakta atau realita social tertentu. Penelitian ini berlokasi di puskesmas Karang Penang Kabupaten Sampang, yang berlokasi di Karang Penang, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang Keberadaan Protap yang menjadi acuan para pegawai dalam memberikan pelayanan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Para pasien mungkin juga untuk tidak terlalu memperhatikan fungsi prosedur pelayanan, yang penting bagi mereka lebih pada wujud pelayanan dan kemampuan para pegawai itu sendiri. Meskipun pada dasarnya Protap sangat penting untuk mereka ketahui karena mereka akan tahu dengan sendirinya prosedur yang harus dijalani oleh pasien untuk memperoleh pelayanan. Karang Penang untuk membekali para petugas/pegawai kesehatan diantaranya pelatihan keuangan, keperawatan, manajemen, pelayanan, pendidikan, SIRS, kepegawaian, Hukum, Laboratorium, dll. Dengan diikutsertakannya para pegawai dalam berbagai pelatihan diharapkan akan mampu memperbaiki kinerja dan kualitas pelayanan yang selama ini sudah berjalan di Puskesmas sehingga lebih memperhatikan pelayanan yang memuaskan bagi pengguna jasa. Efektifitas dilakukan dengan melakukan pelayanan berdasarkan prosedur yang ada sehingga dapat mempermudah pelayanan yang dilakukan pegawai Puskesmas Karang Penang. Keberadaan prosedur atau aturan itu akan sangat penting bagi keberlangsungan pelayanan itu sendiri karena prosedur akan menjadi landasan para petugas dalam menjalankan tugas-tugas pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pyuskesmas dan Jamkesmas
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:51
Last Modified: 08 Mar 2021 02:51
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1867

Actions (login required)

View Item View Item