PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ( Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Usaha Di Kecamatan Driyorejo Gresik )

FATIMATUZ, ZAHROH (2016) PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ( Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Usaha Di Kecamatan Driyorejo Gresik ). Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ( Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Usaha Di Kecamatan Driyorejo Gresik ))
ak6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pajak bukan lagi sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia, karena pajak mempunyai peranan yang sangat besar dalam menjalankan roda pemerintahan. Sebagian kalangan masyarakat telah menempatkan pajak secara proporsional dalam kehidupannya, bahwa pajak telah dianggap sebagai salah satu kewajiban dalam bernegara. Dari segi wajib pajak harus memiliki pemahaman perpajakan yang baik sehingga dapat melaksanakan kegiatan perpajakan. Dari segi pemerintah diperlukan petugas pajak yang dapat melayani wajib pajak secara baik sehingga dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Walaupun pajak diyakini sebagai tulang punggung dalam pembangunan sekaligus sebagai sumber penerimaan negara. Namun tidak bisa dipungkiri berbagai permasalahan mewarnai dunia perpajakan di Indonesia, baik permasalahan internal maupun eksternal. Permasalahan internal merupakan permasalahan yang berasal dari Dirjen Pajak sebagai lembaga yang mempunyai wewenang khusus mengatasi masalah perpajakan. Adapun permasalahan tersebut adalah kinerja Dirjen Pajak yang kurang optimal, pelayanan prima yang cenderung kurang memuaskan wajib pajak, adanya citra negatif yang melekat dalam tubuh Dirjen Pajak dan aparatnya, adanya SDM aparatur pajak yang kurang kompeten dan profesional. Sementara itu, permasalahan eksternal merupakan permasalahan yang bersumber dari wajib pajak itu sendiri. Adapun permasalahan tersebut seperti kurangnya pemahaman perpajakan yang baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, masih rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya, serta ketidakpuasan wajib pajak terhadap kualitas pelayanan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman wajib pajak dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi khususnya orang yang melakukan kegiatan usaha di Kecamatan Driyorejo Gresik. Penilitian ini menggunakan metode survei dan populasinya adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan usaha (non karyawan). Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer berasal dari penyebaran kuesioner kepada wajib pajak orang pribadi yang melakukan usaha. Pengujian Statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, koefisien determinasi menggunakan Statistical Program from Society Science (SPSS) versi 16.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:32
Last Modified: 26 Feb 2021 04:32
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item