ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN YANG DIPENGARUHI OLEH KOMPENSASI DAN JAM KERJA PADA KOPERASI TKBM USAHA KARYA PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA ( Study Kasus Pada Karyawan Operasional Dan Karyawan Kantor Pusat )

ERIK, JUNIANTO (2016) ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN YANG DIPENGARUHI OLEH KOMPENSASI DAN JAM KERJA PADA KOPERASI TKBM USAHA KARYA PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA ( Study Kasus Pada Karyawan Operasional Dan Karyawan Kantor Pusat ). Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN YANG DIPENGARUHI OLEH KOMPENSASI DAN JAM KERJA PADA KOPERASI TKBM USAHA KARYA PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA ( Study Kasus Pada Karyawan Operasional Dan Karyawan Kantor Pusat ))
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan tingkat kepuasan kerja pada karyawan kantor operasional dan kantor pusat di Koperasi TKBM Usaha Karya Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sehingga ingin mengetahui faktor – faktor apakah yang menyebabkan kepuasan kerja. Penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana perbedaan kepuasan kerja karyawan yang dipengaruhi oleh kompensasi dan jam kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing –masing variabel, kompensasi (X 1 ), jam kerja (X ), terhadap kepuasan kerja (Y) serta perbedaan kepuasan kerja. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 72 orang responden yang dibagi menjadi 30 karyawan bagian operasional dan 42 karyawan kantor pusat dengan menggunakan metode sampel jenuh untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing – masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian serta analisi uji beda Independent Sample T Test untuk mengetahui perbedaan kepuasan kerja. Hasil analisis mendapatkan bahwa dari dua variabel kompensasi dan jam kerja, pada kantor operasional variabel kompensasi dan jam kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Pada kantor pusat hanya variabel kompensasi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa satu variabel bebas kompensasi yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan kerja kantor operasional dan kantor pusat, sedangkan pada variabel jam kerja hanya kantor operasional yang terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan kerja. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kompensasi dan jam kerja berpengaruh signifikan secara bersama –sama dalam kepuasan kerja kedua kantor tersebut. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t – test hasil penelitian dikemukakan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kepuasan kerja kantor operasional dan kepuasan kerja kantor pusat dengan dasar hasil analisis yang menunjukan kantor pusat memiliki kepuasan kerja lebih tinggi daripada kantor operasional, hal ini dapat dilihat dari nilai mean 6,4774 > 5,5085. 2

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kompensasi, jam kerja, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:24
Last Modified: 25 Feb 2021 06:24
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item