PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN E-TOLL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN PUBLIK DI KOTA SURABAYA (Studi Kasus Di Ruas Tol Keluar Masuk Kota Surabaya)

Monica, Wulandari (2020) PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN E-TOLL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN PUBLIK DI KOTA SURABAYA (Studi Kasus Di Ruas Tol Keluar Masuk Kota Surabaya). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN E-TOLL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN PUBLIK DI KOTA SURABAYA (Studi Kasus Di Ruas Tol Keluar Masuk Kota Surabaya))
monika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Semakin canggihnya teknologi yang ada saat ini membuat terpenuhinya segala kebutuhan yang diinginkan masyarakat, tentunya masyarakat menginginkan sesuatu yang mudah dan praktis. Begitu pula dengan layanan publikJika dulunya pembayaran tol dengan cara pembayaran cash, namun sekarang seiring perkembangan jaman pembayaran toll tidak perlu memakai uang cash lagi hanya dengan menempelkan kartu e-toll, namun sudah efektivkah penggunaan e-toll dalam pembayaran di tol.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas layanan e-toll terhadap kepuasan pengguna layanan publik di kota Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampling dengan jumlah 100 reponden. Sedangkan teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier sederhana. Dan untuk menentukan penelitian ini layak atau tidak penulis menggunakan pengujian validitas dan reabilitas dan hasilnya penelitian dianyatakan valid dan reliabel dapat dijadikan sebagai instrument penelitian Penelitian ini mengguakana teori dari Budiani dalam Aditya 2014 terkait efektivitas dan Tjiptono dalam Sirait 2016 untuk kepuasan pengguna layanannya.

Hasilnya dari uji hitpotesisnya menunjukkan hasil 0.0000 kurang dari 0,5 artinya hitpotesis diterima dan dalam penelitian ini efektivitas layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna. efektivitas e-toll (x) terhadap kepuasan pengguna layanan publik (y) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan pengaruh signifikasi adalah 37,4% dimana angka ini menunjukkan bahwa pengaruhnya tidaklah besar. Dan dari uji validitas dan reabilitas hasil menunjukkan jika penelitian ini valid dimana r-hitung lebih dari 0.30 dan dinyatakan reliabel dengan hasil y lebih besar dari 0,6. Dapat disimpulkan efektivitas layanan e-toll dalam penelitian ini memang berpengaruh terhadap kepuasan penggunanya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, E-Toll
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:32
Last Modified: 15 Mar 2021 03:05
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item