ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK

Masfiyah, Masfiyah (2018) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Ujungpangkah Kabupaten Gresik)
0410000001737.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah memiliki kewajiban menyediakan pelayan kesehatan minimum yang dibutuhkan rakyatnya. Bagi penyelenggara pelayanan kesehatan prinsip yang harus dipegang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah bagaimana masyarakat puas dan nyaman dalam menerima pelayanan kesehatan yang diberikan dan keberadaan Puskesmas sebagai media untuk memberikan pelayanan kesehatan haruslah dijalankan dengan baik sehingga mutu pelyanan yang diberikan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh masyarakat. Puskesmas adalah unit pelayanan teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disuatu wilayah kerja (Kebijakan Dasar Puskesmas, Depkes RI 2004). Keberadaan Puskesmas di tengah masyarakat sangatlah penting karena yang diberikan oleh Pemerintah Daerah. Pelayanan kesehatan yang baik yang mampu diberikan oleh penyelenggara pemerintahan secara tidak langsung akan meringankan beban pemerintah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di UPT Puskesmas Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna layanan UPT Puskesmas Ujungpangkah. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling (sampling kebetulan). Dari metode tersebut, maka sampel yang diambil berjumlah 100 responden (rumus slovin).

Analisa Data di lakukan dengan mengumpulkan kuesioner dan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Proses dan analisis data sesuai dengan petunjuk dalam Peraturan MENPAN Nomor 14 Tahun 2017, sehingga sudah sesuai dengan Standart Nasional. Hasil analisis menunjukkkan bahwa tingkat kepuasan rata-rata 3,42, besarnya nilai rata-rata tersebut termasuk dalam rentang nilai antara 3.0644 – 3.532 atau jika di konversi menjadi 85,55 yang berarti termasuk dalam kategori Baik. Sedangkan hasil analisis Tingkat Kepentingan/harapan menunjukkan nilai rata-rata 3,72, besarnya nilai rata-rata tersebut termasuk dalam rentang nilai antara 3.5324 – 4.00 atau jika di konversi menjadi 93 yang berarti termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian untuk menjaga agar masyarakat terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan oleh UPT Puskesmas Ujungpangkah, kualitas pelayanan menjadi salah satu variabel penting yang perlu diperhatikan. Berdasar pada hal di atas dapat dijelaskan bahwa kualitas pelayanan ternyata memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan Pasien yang dilayani.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien dan Harapan Pasien
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 22 Feb 2021 10:49
Last Modified: 15 Mar 2021 03:49
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item