ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DIPUSKESMAS MANYAR KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK

Lita, Handayani (2018) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DIPUSKESMAS MANYAR KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dipuskesmas Manyar Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)
0410000001736.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas sebagai penyedia pelayanan publik yaitupelayanan jasa kesehatan harus mampu memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat. Masyarakat umumnya pasti memiliki keinginan mendapat pelayanan yang cepat,tepat, tanggap, bertanggung jawab, aman, bermutu, serta merata dan tidak diskriminatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari kelengkapansarana dan prasarana, kompetensi, kepatuhan, jaminan mutu dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari kelengkapan sarana dan prasarana, kompetensi, kepatuhan, jaminan mutu dan empati terhadap tingkat kepuasan pasien di UPT Puskesmas Manyar Kabupaten Gresik. Sampel pada penelitian ini adalah pasien Puskesmas Manyar sejumlah 100 Responden (rumus slovin) yang di tentukan melalui metodeAccidental Sampling(sampling kebetulan).

Analisa Data di lakukan dengan mengumpulkan kuesioner dan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.Penentuan mutu pelayanan dan penilaian kinerja mengacu pada keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PERMENPAN RB No.14 Tahun 2017) tentang penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat di unit pelayanan Instansi pemerintah. Hasil analisis menunjukkkan bahwa tingkat kepuasan rata-rata 3,174, besarnya nilai rata-rata tersebut termasuk dalam rentang nilai antara 3.0644 – 3.532 atau jika di konversi menjadi 82,09 yang artinya mutu pelayanan KategoriB dengan penilaian kinerjaBaik.

Dengan demikian untuk menjaga agar masyarakat terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan oleh UPT Puskesmas Manyar, kualitas pelayanan menjadi salah satu variabel penting yang perlu diperhatikan.Berdasar pada hal di atas dapat dijelaskan bahwa kualitas pelayanan ternyata memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan Pasien yang dilayani.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Mutu, Survey Kepuasan Masyarakat,Kepuasan Pasien Puskesmas.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 22 Feb 2021 10:50
Last Modified: 15 Mar 2021 03:48
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item