ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH BIT MERAH ( Beta vulgaris L. ) Di Superindo Royal Square, Kota Surabaya, Jawa Timur

YULYAS DWI PAYANA, PRADIPTA (2019) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH BIT MERAH ( Beta vulgaris L. ) Di Superindo Royal Square, Kota Surabaya, Jawa Timur. Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH BIT MERAH ( Beta vulgaris L. ) Di Superindo Royal Square, Kota Surabaya, Jawa Timur)
SKRIPSI - ANALISIS PERILAKU KONSUMEN BUAH BIT MERAH , FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Besarnya pengaruh konsumen terhadap penjualan suatu produk mengakibatkan para pengusaha terus mengembangkan usaha nya untuk menjadi yang terbaik. Keputusan pembelian oleh konsumen merupakan tujuan awal dari usaha ritel dalam memasarkan produk-produknya, selanjutnya perusahaan ritel harus berusaha terus menerus untuk memenuhi kepuasan konsumennya agar timbul loyalitas konsumen. Buah bit merah (beta vulgaris) memiliki nilai jual tinggi dan salah satu jenis buah yang sehat untuk di konsumsi dengan kandungan vitamin yang tinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakteristik konsumen buah bit merah di Superindo Royal Square (2) Menganalisis proses keputusan pembelian buah bit merah di Superindo Royal Square (3) Untuk menganalisis kepuasan konsumen buah bit merah di Superindo Royal Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu pengumpulan data konsumen yang dilakukan dengan teknik wawancara berdasarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 50 responden Superindo Royal Square. Penelitian dilaksanakan di Superindo Royal Square, Kota Surabaya. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja dikarenakan Superindo Royal Square merupakan daerah yang strategis karena berada di samping jalan raya dan merupakan ritel modern yang sudah memiliki ratusan cabang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan alat analisis SPSS 23. Mayoritas konsumen buah bit merah adalah perempuan yang sudah menikah, berusia 27-36 tahun, berpendidikan sarjana (S1) dengan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, dengan frekuensi pembelian jarang dalam satu bulan. Proses keputusan pembelian yang dimulai dari pengenalan kebutuhan, menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengetahui buah bit merah adalah melalui pengetahuan nya sendiri. Pada tahap pencarian informasi, sebagian besar responden memperoleh informasi dari pengetahuan nya sendiri. Tahap evaluasi alternatif menunjukkan bahwa alasan responden memilih belanja di Superindo Royal Square dikarenakan ingin mencoba saja. Tahap proses pembelian dan evaluasi pasca pembelian adalah sebagian besar responden memutuskan membeli buah bit merah untuk kesehatan. Hasil Analisis Regresi Linier Berganda dengan pembagian tiga variabel penting yaitu (1) Harga, dengan hasil yang diperoleh adalah 1,96 (paling rendah) (2) Kualitas, dengan hasil yang diperoleh adalah 2,020 (aman) (3) Ketersediaan, dengan hasil yang diperoleh adalah 2,70 (paling tinggi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara parsial tidak ada pengaruh signifikan antara Prices (Harga,X1), Quality (Kualitas,X2), Availability (Ketersediaan,X3) dengan Kepuasan Pelanggan, atau kata lainnya secara parsial Prices (Harga,X1), Quality (Kualitas,X2), Availability (Ketersediaan,X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Superindo Royal Square. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Kepuasan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Kepuasan, Keputusan Pembelian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:34
Last Modified: 22 Jan 2021 03:34
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item