PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI ANGKUTAN BUS DAMRI KOTA SURABAYA (Studi Kasus di Terminal Tambak Osowilangun – Surabaya Barat)

Suwito, Ridani (2014) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI ANGKUTAN BUS DAMRI KOTA SURABAYA (Studi Kasus di Terminal Tambak Osowilangun – Surabaya Barat). Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI ANGKUTAN BUS DAMRI KOTA SURABAYA (Studi Kasus di Terminal Tambak Osowilangun – Surabaya Barat))
15.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)

Abstract

Suwito Ridani, Fakultas Ilmu Administrasi Negara, Universitas Wijaya Putra Surabaya, Surabaya, Juli 2014, Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Angkutan Bus DAMRI Kota Surabaya, Dosen Pembimbing oleh Supriyanto, S.Sos., M.Si. Sistem transportasi merupakan moda angkutan utama dalam pelayanan publik dibidang jasa angkutan massal sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku serta sesuai akan kebutuhan dan harapan masyarakat umu khususnya pengguna jasa layanan transportasi darat, yakni Bus DAMRI yang merupakan satu – satunya angkutan massal milik Negara selain Kereta Api. Adapun kualitas pelayanan sangat ditentukan oleh faktor – faktor yang menjadi indikator kualitas pelayanan yang meliputi Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi angkutan khususnya Bus DAMRI di Kota Surabaya dalam rangka meningkatkan kepuasan pengguna jasa layanan transportasi tersebut serta faktor – faktor yang mendukung dan menghambat dari pada pelayanannya. Dan sebagai sumber data adalah Pejabat Dinas Perhubungan Kota Surabaya, khususnya UPTD Terminal Tambak Osowilangun sebagai regulator serta Perum DAMRI sebagai owner angkutan massal tersebut. Hasil dari penelitian di lapangan berdasarkan wawancara, baik dari Pejabat Dishub Kota Surabaya maupun langsung dengan masyarakat khususnya pengguna layanan jasa transportasi menunjukkan, bahwa bukti fisik sangat signifikan dan berpengaruh dominan yang positif, sedangkan faktor kehandalan, daya tanggap serta jaminan cukup signifikan dan berpengaruh positif. Adapun faktor empati tidak terlalu signifikan dan juga tidak terlalu berpengaruh positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, transportasi massal, akses umum.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2021 05:13
Last Modified: 20 Jan 2021 05:13
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item