PENGARUH PRODUK, HARGA, FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH PONDS (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA SURABAYA)

IZHARUDDIN AZHAR ALIF, KHAN (2014) PENGARUH PRODUK, HARGA, FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH PONDS (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA SURABAYA). Other thesis, U N I V E R S I T A S W I J A Y A P U T R A.

[img] Text (PENGARUH PRODUK, HARGA, FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH PONDS (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA SURABAYA))
10132221 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan industri produk kecantikan yang berlomba – lomba menawarkan berbagai macam produk ke konsumen. Sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian terhadap produk sabun muka Ponds khususnya pada mahasiswa Universitas Wijaya Putra Surabaya yang menggunakan produk sabun muka Ponds. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, produk (X 1 ), Harga (X 2 ), faktor sosial (X ) dan Faktor Psikologi (X 4 3 ) terhadap keputusan pembelian (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden pengguna produk sabun muka Ponds di Universitas Wijaya Putra Surabaya dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing – masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data – data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R ). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data – data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis mendapatkan bahwa keempat faktor produk, harga, faktor sosial dan faktor psikologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa empat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, faktor sosial dan faktor psikologi berpengaruh signifikan secara bersama – sama dalam keputusan pembelian. Angka Adjusted R square sebesar 0,896 menunjukkan bahwa 89,2 persen variasi keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 10,8 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. 2

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: produk, harga, faktor sosial, faktor psikologi, keputusapembelian.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:39
Last Modified: 20 Jan 2021 02:39
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item