ANALISIS MANAJEMEN KREDIT UNTUK MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (Studi Pada PT.BPR Gunung Ringgit, Dinoyo, Malang)

SUCI, HARIYANI (2011) ANALISIS MANAJEMEN KREDIT UNTUK MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (Studi Pada PT.BPR Gunung Ringgit, Dinoyo, Malang). Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS MANAJEMEN KREDIT UNTUK MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (Studi Pada PT.BPR Gunung Ringgit, Dinoyo, Malang))
Skripsi Suci Hariani 27132005 (Analisis Manajemen Kredit).pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)

Abstract

Bank merupakan sebagai perantara antara masyarakat kelebihan dana dengan masyarakat kekurangan dana, maka usaha pokok yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor perkreditan, atau penyaluran dana. Namun dalam usaha Penyaluran dana tidak terlepas dengan risiko kegagalan atau kemacetan pelunasannya,yang mana nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya. Begitu pula pada PT. BPR Gunung Ringgit tidak lepas dengan kredit bermasalah, untuk menghindari hal tersebut maka diperlukan manajemen kredit yang efektif sehingga bank mampu untuk menurunkan kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kredit yang diterapkan PT. BPR Gunung Ringgit untuk menurunkan terjadinya kredit bermasalah dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif . data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis ini diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT.BPR Gunung Ringgit sudah mampu dan efektif untuk mengelola kredit dan menurunkan kredit bermasalah dengan menggunakan analisis 5C dan rekomendasi selain itu, dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Faktor penyebab kredit bermasalah adalah nasabah yang tidak memiliki I’tikad yang baik, PT.BPR Gunung Ringgit melakukan langkah-langkah untuk menurunkan kredit bermasalah dengan cara melakukan Peringatan tertulis pada nasabah 1-3x, Mendatangi debitur bersama timtim, Debitur akan dibawa ke hukum cukup efektif. Dan Dilihat dari kolektibility tahun 2007-2009 kredit bermasalah tiap tahunnya mengalami penurunan dari tahun 2007 sebesar 15,8% , tahun 2008 menurun sebesar 15,2% sampai tahun 2009 menurun 12,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: engan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis ini diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT.BPR Gunung Ringgit sudah mampu dan efektif untuk mengelola kredit dan menurunkan kredit bermasalah denganmenggunakan analisis 5C dan rekomendasi selain i
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:35
Last Modified: 20 Jan 2021 02:35
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item