ANALISIS EPIC (EMPATY, PERSUASION, IMPACT & COMMUNICATION) MODEL TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN KARTU SELULER XL VERSI BAIM DAN SULE DI TELEVISI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Putra)

ETIKA, JANUWARDANI (2011) ANALISIS EPIC (EMPATY, PERSUASION, IMPACT & COMMUNICATION) MODEL TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN KARTU SELULER XL VERSI BAIM DAN SULE DI TELEVISI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Putra). Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS EPIC (EMPATY, PERSUASION, IMPACT & COMMUNICATION) MODEL TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN KARTU SELULER XL VERSI BAIM DAN SULE DI TELEVISI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Putra))
17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Promosi merupakan aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk, yang menganjurkan pelanggan sasaran untuk mengkonsumsinya. Konsep yang sering digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah pesan adalah bauran promosi (promotion mix), bauran promosi yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah periklanan (advertising). EPIC Model adalah model untuk mengukur efektivitas iklan yang dikembangkan oleh A.C Nielsen—salah satu perusahaan peneliti pemasaran terkemuka di dunia—yang mencakup empat dimensi kritis, yaitu: empati, persuasi, dampak, dan komunikasi (Empathy, Persuasion, Impact, and Comunication). Berdasarkan survei-survei The Nielsen Company yang dirilis di The Nielsen Company,menyebutkan pembelanja iklan telekomunikasi terbanyak di semua media adalah penyedia telekomunikasi Excelcomindo XL (sekarang XL Axiata) memimpin dengan Rp593 miliar, naik 66%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dimensi EPIC yang terdiri dari Emphaty (X1), Persuasion (X2), Impact (X3) & Communication (X4) berpengaruh secara simultan, parsial serta faktor paling dominan yang mempengaruhi efektivitas iklan kartu seluler xl versi Baim & Sule (Y). Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pengguna kartu seluler XL di lingkungan Universitas Wijaya Putra.sampel yang di ambil berjumlah 100 orang yakni anggota populasi yang kebetulan ditemui peneliti dan bersedia menjadi sampel serta pengguna kartu seluler XL dan pernah melihat tayangan iklan televise kartu seluler XL versi Sule & Baim. Untuk menguji dari hipotesis yang dikemukakan maka dipergunakan teknik analisis regresi linier berganda dan dalam penelitian ini dihasilkan persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Y =0,385+0,167.X1+0,160.X2+0,369.X3+0,155.X4+e Berdasarkan uji F regresi linier berganda dapat diketahui bahwa faktor Emphaty (X1),Persuasion (X2), Impact (X3) & Communication (X4) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas iklan (Y) dengan nilai hitung sebesar 100.016 dan signifikansi sebesar < 0,05 sehingga hipotesis pertama terbukti kebenarannya. Berdasarkan uji T diketahui bahwa factor Emphaty (X1) = 2.403 dengan tingkat signifikansi 0,018, factor Persuasion (X2) = 2.086 dengan tingkat signifikansi 0,040, factor Impact (X3) = 5.370 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan factor Communication (X4) = 2.062 dengan tingkat signifikansi 0,420 jika menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut berada di bawah taraf 5%sehingga hipotesis kedua terbukti kebenarannya. Dan dari nilai keempat variabel di atas dapat di ketahui bahwa nilai factor variabel Impact berpengaruh dominan terhadap efektivitas iklan (y).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Promosi merupakan aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk, yang menganjurkan pelanggan sasaran untuk mengkonsumsinya. Konsep yang sering digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah pesan adalah bauran promosi (promotion mix), bauran promosi yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah periklanan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:23
Last Modified: 18 Jan 2021 04:23
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item