ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) KOTA SURABAYA

SARI NOVENTA, MANURUNG (2014) ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) KOTA SURABAYA. Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) KOTA SURABAYA)
12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik yang dilakukan oleh instansi pemerintah di berbagai sektor pelayanan masih kurang baik dan tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari jumlah pengaduan, keluhan yang disampaikan oleh masyarakat melalui media atau langsung ke unit pelayanan, baik terkait dengan sistem dan prosedur masih rumit, tidak transparan, kurang informatif, kurang akomodatif dan kurang konsisten yang tidak menjamin kepastian (hukum, waktu dan biaya) serta masih adanya praktek biaya yang tidak sah. Hal ini perlu untuk dilakukan penilaian pelayanan oleh masyarakat sebagai pengguna layanan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 150 responden pengguna jasa layanan di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik kepada pengguna layanan. Teknik analisis data menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang dari setiap elemen layanan berdasarkan Kepmenpan Nomor 25 tahun 2004. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke 14 indikator indeks kepuasan masyarakat dapat dikatakan dalam kondisi baik tetapi harus tetap ditingkatkan karena ada beberapa indikator yang menunjukkan nilai indeks kinerja yang rendah yaitu kecepatan pelayanan dan kepastian jadwal pelayanan tetapi masih berkategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya telah memenuhi 14 indikator yang telah ditetapkan dalam Kepmen PAN No. 25 Tahun 2004, serta keseluruhan indikator Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) memiliki nilai baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepmenpan No 25 Tahun 2004 Tentang IKM.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:10
Last Modified: 18 Jan 2021 04:10
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item