EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGURUSAN IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI KANTOR PELAYANAN PERIJINAN TERPADU SATU PINTU (KP2TSP) KABUPATEN SAMPANG

MAIRIYAH, MAIRIYAH (2014) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGURUSAN IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI KANTOR PELAYANAN PERIJINAN TERPADU SATU PINTU (KP2TSP) KABUPATEN SAMPANG. Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGURUSAN IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI KANTOR PELAYANAN PERIJINAN TERPADU SATU PINTU (KP2TSP) KABUPATEN SAMPANG)
Untitled.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya jenis pelayanan publik menyebabkan perlu dilakukan batasan kajian pada jenis pelayanan tertentu. Salah satu jenis pelayanan publik yang mendasar adalah pelayanan di sektor administrasi perizinan. Pelayanan dalam sektor administrasi perizinan merupakan jenis pelayanan yang cukup banyak permintaannya seperti Izin Usaha Angkutan, Izin Usaha Perikanan, Izin Usaha Perkebunan, Izin Usaha Perindustrian, lebih dikhususkan lagi tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Penelitian tentang kualitas pelayanan pemberian IMB penting untuk dilakukan, dikarenakan masyarakat sebagai orang yang mendapat layanan, belum merasa puas dengan baik dari segi waktu, prosedur dan mutu pelayanan yang selama ini diberikan. Untuk itu penelitian ini ditunjukkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik terutama yang dilaksanakan di Kantor Pelayanan Perijinan Penanaman Modal Kabupaten Sampang (KP2TSP) Kabupaten Sampang Beberapa indikator di atas sudah bisa memberikan gambaran umum tentang keadaan kemampuan aparatur pemerintah di Kabupaten Sampang khususnya di KP2TSP dalam hal pelayanan IMB, tetapi kalau dilihat dari segi kuantitas aparat yang bertugas masih belum profesional menurut penelitian yang penulis lakukan pegawai yang ada pada Adapun lokasi penelitian ini yaitu Kantor Pelayanan Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sampang berjumlah 11 orang, jadi kalau dikalkulasikan harusnya dalam satu kantor minimal memiliki 15 staf pelaksana (belum termasuk dengan kepala seksi dan kepala bidang) kebijakan untuk menutupi kekurangan ini telah ditempuh oleh KP2TSP Kabupaten Sampang dengan merekrut tiga tenaga honorer, yang diperbantukan di bagian tatausaha dan perizinan, tetapi itu pun belum mampu menjawab permasalahan. Yang menjadi kendala bagi aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan IMB dengan efektif di KP2TSP Kabupaten Sampang yaitu mengenai dengan sarana dan prasarana. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian menyangkut sarana dan prasarana pada KP2TSP Kabupaten Sampang yang tersedia belum maksimal, khususnya penggunaan komputer, lemari arsip, dan kendaraan operasional. Untuk Faktor pendukung kemampuan aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan di KP2TSP Kabupaten Sampang juga sudah cukup sangat baik, hal ini bisa dilihat dari kerjasama yang dilakukan oleh aparatur pemerintah baik itu antara pemimpin dan bawahan maupun antara sesama pegawai. Kerjasama ini sangat diperlukan dalam mencapai tujuan sebuah organisasi khususnya di KP2TSP Kabupaten Sampang dalam pelayanan pemberian IMB. Di KP2TSP Kabupaten Sampang menurut pengamatan penulis memang menerapkan sistem pembagian wewenang bukan pemisahan wewenang. Maksudnya adalah aparat yang satu dengan yang lainnya bekerjasama dalam menyelesaikan suatu tugas tanpa tergantung kepada bidang lain..

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelayanan, Perijinan dan IMB
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:26
Last Modified: 18 Nov 2020 04:26
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item