Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Sreseh Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang

MOHAMMAD, BAHRI (2014) Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Sreseh Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang. Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Sreseh Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang)
Skripsi M. Bahri, Revisi.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Pemerintah Desa Sreseh Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang berkewajiban memberikan pelayanan publik secara prima kepada masyarakat desanya, sesuai tugas pokok dan fungsi yang diembannya. Berlandaskan ketentuan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan ditinjau dari sisi teori ilmu pengetahuan, pelayanan publik terdiri dari pelayanan barang, pelayanan jasa dan pelayanan administratif. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti ingin mengetahui seberapa baik persepsi masyarakat desa Sreseh selaku pengguna layanan terhadap pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Desanya, apakah berpersepsi baik atau kurang baik. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif, informan untuk memperoleh data wujud pelayanan barang, pelayanan jasa dan pelayanan administratif, adalah Kepala Desa Sreseh, sedangkan informan untuk memperoleh data persepsi masyarakat desa terhadap pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Desanya diambilkan dari para Kepala Keluarga (KK) sebagai bagian dari masyarakat desa, dengan populasi sebanyak 728 orang. Sampel informan dari populasi kepala keluarga ditetapkan sebesar 5 %, sehingga didapatkan angka sejumlah 37 orang, yang dikelompokkan ke dalam (1) Informan untuk pelayanan barang sejumlah12 orang, (2) Informan untuk pelayanan jasa sejumlah 12 orang dan (3) Informan untuk pelayanan administratif sejumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil perolehan data menunjukkan, untuk pelayanan barang, persepsi para kepala keluarga sebagian besar atau 94,4 % memberikan nilai baik dan hanya sebagian kecil atau 4,1 % memberikan nilai kurang baik; untuk pelayanan jasa, yang memberikan nilai baik sebesar 79,15 % dan yang memberikan nilai kurang baik sebesar 11,8 %; untuk pelayanan administratif, yang memberikan nilai baik sebesar 94,15 % dan yang memberikan nilai kurang baik sebesar 3,8 %. Dengan adanya sebagian besar para informan yang memberikan nilai baik terhadap ketiga jenis pelayanan publik, maka jawaban perumusan masalah yang dikemukakan adalah : bahwa mayoritas persepsi masyarakat desa Sreseh Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang terhadap kegiatan pelayanan publik yang dilakukan pemerintah desanya telah memberikan nilai baik, dan hanya sebagian kecil yang memberikan nilai kurang baik. Kata Kunci : Pemerintah Desa, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Barang, Pelayanan Jasa, Pelayanan Administratif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Desa, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Barang, Pelayanan Jasa, Pelayanan Administratif.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:32
Last Modified: 18 Nov 2020 03:32
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item